Monday, January 16, 2017

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP FUNGSI MANAJEMEN RUMAH SAKIT HEWAN

Rumah Sakit Hewan (RSH) pada dasarnya merupakan organisasi layanan (Service Organization) bidang kesehatan, yang memerlukan manajemen untuk keberlangsungan rumah sakit. Penerapan manajemen pada RSH diperlukan sebagai upaya untuk memanfaatkan dan mengatur Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki dalam rangka pencapaian tujuan organisasi secara efektif, efisien dan rasional (Safrudin, 2009).
Fungsi rumah sakit sebagai industri jasa layanan, dalam memberikan pelayanan tentu sangat berhubungan erat dengan tuntutan untuk tetap memperhatikan mutu pelayanannya. Peningkatan mutu pelayanan yang berkesinambungan di suatu rumah sakit sangat ditentukan oleh usaha bersama yang dilakukan oleh komponen yang terlibat dalam penyelenggara rumah sakit layaknya organisasi. Baik jajaran direksi sebagai pihak manajerial maupun pegawai yang menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab .
Sumber daya manusia adalah aset penting yang dimiliki oleh sebuah organisasi termasuk rumah sakit yang perlu dikelola  secara efektif agar memberikan nilai tambah. Untuk mengelola sumber daya manusia menjadi aset organisasi seperti rumah sakit diperlukan kepemimpinan yang efektif (Muninjaya; 2004) begitu juga untuk meningkatkan mutu, salah satunya perlu meningkatkan ’leadership’ atau kepemimpinan.
Kepemipinan sebagai salah satu indikator kualitas sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan suatu organisasi seperti rumah sakit. Demikian juga halnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan didapat dengan cepat dan memuaskan tanpa mengabaikan kecermatan, ketelitian dan terjaminnya pengamanan kebijakan pemerintah, mutu kepemimpinan memegang peranan yang sangat menentukan (Siagian; 2006).
Syarat untuk pengangkatan seorang Direktur rumah sakit hewan tentunya harus  seorang dokter hewan, dan dalam realita proses pengangkatan ini dilakukan berdasarkan penunjukkan langsung oleh Peraturan Gubernur atau oleh  pemilik perusahaan, yang memiliki modal perusahaan dan sebagai penyandang dana rumah sakit hewan.
Dari semua hal yang tersebut di atas terlihat pengangkatan seorang direktur rumah sakit hewan Pontianak selama ini dilakukan atas dasar penunjukan langsung belum melalui penilaian kepemimpinan baik dalam syarat definisi maupun belum adanya prosedur formal sehingga tidak diketahui dengan pasti apakah seorang direktur rumah sakit hewan mempunyai kemampuan kepemimpinan yang memadai untuk memimpin organisasi rumah sakit hewan dengan baik
Oleh Karena itu Direktur rumah sakit hewan perlu meningkatkan kualitas dan kemampuan diri melalui kepemimpinannya agar rumah sakit hewan sebagai organisasi dapat maju dan berkembang. Dengan demikian, kepemimpinan direktur rumah sakit merupakan persyaratan mutlak bagi rumah sakit untuk mencapai tujuan dengan mengatur kerja sama secara harmonis antara pimpinan dan seluruh staf rumah sakit hewan. Sehingga Tercipta peningkatan efisiensi kerja, evaluasi kerja yang mengarah pada pengembangan usaha rumah sakit hewan.

2.1.1      Pengertian Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah universal sifatnya, selalu ada dan senantiasa diperlukan pada setiap usaha bersama manusia serta terdapat disetiap organisasi, dimanapun dan kapanpun dimana merupakan masalah relasi dan pengaruh antara pemimpin dan yang dipimpin. Beberapa ahli memberi batasan pengertian kepemimpinan yang antara lain dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan adalah seni, kemampuan dan ketrampilan seorang personel atau kelompok yang menduduki jabatan sebagai pimpinan satuan kerja yang berupa suatu hubungan atau proses untuk mempengaruhi, meyakinkan, menginspirasi dan membimbing perilaku orang lain terutama pengikut atau bawahannya melalui proses komunikasi sehingga orangorang tersebut dapat berpikir, berpartisipasi, bertindak dan beraktivitas sedemikian rupa serta dapat digerakkan secara maksimal, terorganisir dan berkomitmen total, diinginkan atau sukarela untuk berperilaku positif, bekerja sama dan melaksanakan tugas-tugas yang ada sehingga akan memberikan sumbangsih nyata dalam usaha pencapaian tujuan organisasi yang diinginkan atau melebihi itu dalam situasi tertentu. (Gibson; 1996, Goetsch; 1997, Hersey & Blanchard; 1998, Yulk; 1998, Kreitner; 2005, Terry; 2005, Ilyas; 2006, Robbins; 2006 dan Siagian; 2006 serta Kartono; 2008) Batasan lain, kepemimpinan adalah suatu kualitas, pola pikir, budaya, peran dan serangkaian tindakan. Kepemimpinan mengandung semua yang diperlukan untuk merangsang perubahan yang konstruktif (Yudelowitz; 2006). Atau lebih rincinya berupa proses mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas yang berkaitan dengan tugas dari anggota kelompok. Dengan 4 implikasi penting, yaitu (Stoner J A F; 1994)
-       Kepemimpinan melibatkan orang lain yaitu bawahan.
-       Kepemimpinan melibatkan distribusi kekuasaan yang tidak merata antara pemimpin dan bawahan.
-       Kemampuan menggunakan berbagai bentuk kekuasaan untuk mempengaruhi tingkah laku bawahan dengan berbagai cara.
-       Gabungan ketiga aspek di atas dan mengakui bahwa kepemimpinan adalah mengenai nilai.
Atau dapat juga diartikan kepemimpinan sebagai kemampuan untuk mengendalikan kekuatan yang tersebar dan memberi kekuasaan pada orang lain untuk mengubah impian menjadi kenyataan (Timpe; 1992). Keberadaan seorang pemimpin dapat dipandang sebagai faktor penentu dalam kehidupan berorganisasi. Meskipun begitu tetap disadari bahwa posisi sentral pimpinan itu tidak berati mengabaikan keberadaan orang lain yaitu para bawahan. Dalam kepemimpinan terdapat hubungan antar manusia yaitu hubungan mempengaruhi dari pimpinan dan hubungan kepatuhan dan ketaatan dari bawahan karena dipengaruhi oleh kewibawaan pemimpin. Kepemimpinan yang efektif akan dapat membujuk orang untuk berhenti mengerjakan sesuatu yang sedang dikerjakan, untuk kemudian melakukan sesuatu yang berbeda sesuai dengan pandangan bersama. Kepemimpinan menggunakan perubahan untuk membuat kemajuan. Kepemimpinan mengandung semua yang diperlukan untuk merangsang perubahan yang konstruktif. Kepemimpinan yang baik dalam suatu organisasi memainkan peranan yang sangat dominan dalam keberhasilan penyelenggaraan berbagai kegiatan.

2.1.1      Fungsi Kepemimpinan
Fungsi kepemimpinan menurut Kartono (2008), Kreitner (2005), Yulk (1998) dan Drucker (1992) adalah menetapkan tujuan, memandu, memimpin, memberi ataupun membangunkan motivasi kerja, mengemudikan organisasi dengan cara menyusun struktur kelompok, menjalin jaringan komunikasi yang baik, membangun tim, menciptakan kesatuan, mempertahankan hubungan kerja sama yang harmonis dan menyelesaikan perselisihan di antara para anggota sehingga dapat menyelesaikan tugas organisasi dengan baik, memberikan supervisi atau pengawasan dan evaluasi yang efisien, proses pengendalian, pendelegasian dan pelimpahan wewenang serta membawa para pengikutnya kepada sasaran yang ingin dituju sesuai dengan ketentuan waktu dan perencanaan. Kreitner (2005) menambahkan seorang pemimpin ditingkat individu melibatkan diri dalam pemberian nasehat, bimbingan, inspirasi. Sedangkan Drucker (1992) menyatakan seorang pemimpin juga mempunyai tugas dan fungsi mengembangkan bawahan termasuk dirinya sendiri. Menurut Ilyas (2006), pemimpin lebih berperan sebagai fasilitator yang mengembangkan, mengkoordinasikan dan memotivasi anggota tim untuk menyelesaikan pekerjaan. Pemimpin tim yang sukses dapat menciptakan atmosfer kerja yang mendorong anggota tim untuk melakukan pemecahan masalah, mencari solusi dan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan. Penting untuk mengetahui perbedaan pemimpin dan manajer guna memahami sepenuhnya fungsi dari seorang pemimpin. Pemimpin dan manajer masing-masing melibatkan sekelompok aktivitas atau fungsi yang unik. Secaraluas, biasanya manajer melaksanakan fungsi-fungsi yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, penyelidikan dan pengendalian. Sementara pemimpin berurusan dengan aspek-aspek antar pribadi dari pekerjaan seorang manajer.
Manajer bertugas mengurus, mempertahankan, mengendalikan, memiliki pandangan jangka pendek, menanyakan bagaimana dan kapan, menerima status quo serta melakukan dengan benar. Sedangkan pemimpin memberi inspirasi kepada orang lain, memberikan dukungan emosional dan mencoba uuntuk membuat bawahannya bergerak ke arah tujuan. Pemimpin melakukan inovasi, mengembangkan, memunculkan, memiliki pandangan jangka panjang, menanyakan apa dan mengapa, menantang status quo serta melakukan sesuatu yang benar.
Kepemimpinan bisa berfungsi atas dasar kekuasaan pemimpin untuk menggerakkan orang atau bawahan guna melakukan sesuatu demi pencapaian tujuan bersama. Dalam arti luas, kepemimpinan dapat digunakan setiap orang dan tidak hanya terbatas berlaku dalam suatu organisasi atau kantor tertentu. Dengan kata lain, seorang pemimpin belum tentu seorang manajer tetapi seorang manajer bisa berperilaku sebagai seorang pemimpin (Thoha; 2007).

2.1.1      Sifat-Sifat Kepemimpinan
Upaya untuk menilai sukses atau gagalnya pemimpin antara lain dilakukan dengan mengamati sifat dan mutu perilakunya yang dipakai sebagai kriteria untuk menilai kepemimpinannya. Kartono (2008), Siagian (2006), Terry (2005), Nasution (2004), Edwin H Schell dan Ordway Tead seperti yang dikutip Winardi (2000), John D Millet Azwar (1996), Drucker (1992) dan Zalenik (1986) menyebutkan sifat-sifat kepemimpinan yang baik dan perlu dimiliki oleh seorang pemimpin, yaitu :
1.          Energi jasmani/badaniah dan mental/rohaniah.
Energi jasmani seperti daya tahan, keuletan, kekuatan tenaga serta kemampuan berkembang secara mental berupa semangat juang, motivasi kerja, disiplin, kesabaran, kedewasaan mental dan stabilitas emosi yang baik dimana pemimpin yang baik tidak mudah marah, tidak mudah tersinggung dan tidak meledak-ledak secara emosional. Pemimpin menghormati martabat orang lain, toleran terhadap kelemahan orang lain dan bisa memaafkan kesalahan yang tidak terlalu prinsipil. Seorang pemimpin juga harus memiliki ketahanan batin dan kemauan untuk mengatasi semua permasalahan yang dihadapi.
2.          Kesadaran akan tujuan dan arah.
Memiliki keyakinan yang teguh akan kebenaran dan kegunaan dari semua perilaku yang dikerjakan dan pengaruhnya atas pihak lain maupun persepsinya tentang situasi yang sedang dihadapi serta memiliki kemampuan untuk menentukan tindakan yang terbaik dan tahu persis kemana arah yang akan dituju yang pasti memberikan kemanfaatan dalam mencapai tujuan kelompok yang dipimpinnya.
3.          Antusiasme.
Pekerjaan yang dilakukan dan tujuan yang akan dicapai harus sehat, berarti, bernilai, memberikan harapan yang menyenangkan, memberikan kesuksesan dan menimbulkan semangat.
4.   Keramahan, kecintaan, kasih sayang, simpati yang tulus, kepedulian terhadap kemanusiaan, kesediaan berkorban, dedikasi, membuka hati untuk bekerja sama demi mencapai satu sasaran tertentu.
5.          Integritas.
6.    Terbuka, merasa utuh bersatu, sejiwa dan seperasaan dengan anak buah, senasib dan sepenanggungan dalam satu perjuangan yang sama. Dengan segala ketulusan hati dan kejujuran, pemimpin harus menepati janji, tidak munafik, dapat dipercaya dan berlaku adil terhadap semua orang serta memiliki rasa tanggung jawab, perilaku, prestasi dan keteladanan agardipatuhi dan diikuti atau dijadikan panutan anggota kelompoknya.
7.          Pendidikan umum yang luas dan penguasaan teknis.
Pemimpin harus memiliki satu atau beberapa kemahiran teknis tertentu. Terutama tehnik untuk mengkoordinasikan tenaga manusia agar tercapai maksimalisasi efektifitas kerja dan produktivitas, tehnik lain yang juga harus dikuasai adalah antara lain ketrampilan atau kemampuan mengajar atau mendidik, ketrampilan berkomunikasi dengan anggota secara efektif termasuk kemampuan mendengar, sosial dan kecakapan teknis dan manajerial.
8.          Ketegasan dalam mengambil keputusan.
Setiap pemimpin harus dapat mengambil keputusan secara tepat, tegas dan cepat dan harus mampu meyakinkan anggota akan kebenaran keputusannya. Pemimpin berusaha agar para pengikut bersedia mendukung kebijakan yang telah diambilnya. Pemimpin harus menampilkan ketetapan hati.
9.    Kecerdasan, rasionalitas atau kecenderungan berpikir ilmiah dan objektifitas. Yaitu kemampuan untuk melihat, menemukan hal-hal yang krusial, bukti-bukti nyata dan memahami, mengerti dengan baik serta mempunyai alasan yang rasional sebab dan akibat setiap kejadian juga cepat menemukan cara penyelesaian. Disertai dengan daya imajinasi yang tinggi dan rasa humor serta dapat dengan cepat mengurangi ketegangan.
10.       Kepercayaan.
Kepercayaan bahwa para angggota dipimpin dengan baik, dipengaruhi secara positif dan diarahkan pada sasaran yang benar. Apapun tingkatan dan dimanapun keberadaannya, pemimpin yang baik harus memiliki kewibawaan dan kelebihan atau kemampuan untuk mempengaruhi, mengajak, meyakinkan, memotivasi serta mengarahkan bawahannya atau orang lain untuk melaksanakan tugas secara efektif dan kooperatif serta bertanggung jawab untuk mencapai tujuan.
Terry (2005) juga menambahkan sifat lain yang harus dimiliki pemimpin yang unggul berupa pengetahuan tentang relasi insani dimana pemimpin diharapkan memiliki pengetahuan tentang sifat, watak dan perilaku anggota kelompok dan yang paling penting adalah dorongan pribadi dimana keinginan dan kesediaan menjadi pemimpin harus muncul dari dalam hati sendiri.

Sifat dan sikap pemimpin yang baik ditambahkan menurut Siagian (2006) adalah rasa ingin tahu, pragmatis, sense of priority, urgency, timing, cohesiveness dan relevance, kesederhanaan, adaptabilitas dan fleksibilitas. Selain itu menurut John D Millet (dalam Azwar; 1996) dan Drucker (1992), pemimpin harus mempunyai sifat mampu melihat organisasi secara keseluruhan, menentukan, mengungkapkan dan menetapkan misi, tujuan, prioritas dan standar organisasi secara jelas serta mengekspresikan wewenang dan memerintah. Pemimpin juga harus memberi kontribusi kepada organisasi serta memperoleh respek.

2.1.1      Teori Kepemimpinan
Dalam beberapa literatur dikenal macam-macam teori kepemimpinan antara lain menurut Robbins (2006) serta Kreitner dan Kinicki (2000) dalam buku Organizational Behaviour, membagi teori kepemimpinan menjadi :
1.      Teori Ciri Kepribadian
Diyakini bahwa pemimpin dilahirkan, tidak dibuat. Orang-orang terpilih dianggap memiliki karakteristik bawaan lahir yang menjadikan mereka pemimpin. Teori ini membedakan ciri-ciri pemimpin dari non pemimpin atau pengikut dengan berfokus pada ciri dan karakteristik pribadi. Pencarian atribut kepribadian, sosial, fisik atau intelektual yang akan mampu menggambarkan pemimpin dan membedakan dari bukan pemimpin. Temuan kumulatif dari penelitian kemudian menyimpulkan bahwa sejumlah ciri meningkatkan kemungkinan sukses sebagai pemimpin tapi tidak satupun karakter itu menjamin kesuksesan. Ciri-ciri melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam memperkirakan penampilan kepemimpinan daripada dalam membedakan secara aktual antara pemimpin yang efektif ddan tidak efektif. Fakta bahwa individu memperlihatkan ciri-ciri yang lain menganggap orang itu sebagai pemimpin tidak selalu berarti bahwa pemimpin itu berhasil membuatkelompoknya mancapai sasaran.
2.      Teori Gaya Perilaku
Titik tolak teori ini berpusat pada perilaku pemimpin dan bukan pada karakteristik kepribadian. Diyakini bahwa perilaku pemimpin secara langsung mempengaruhi efektifitas kelompok kerja. Teori ini mengemukakan bahwa perilaku khusus membedakan pemimpin dan bukan pemimpin sehingga orang-orang dapat dilatih untuk menjadi pemimpin, mengajarkan kepemimpinan dan merancang programprogram yang menanamkan pola perilaku ini ke dalam diri individu yang berhasrat menjadi pemimpin yang efektif.
3.      Teori Kontinjensi atau Situasional
Efektifitas gaya perilaku kepemimpinan tergantung pada situasi dan hal lain yang mampu mengisolasi kondisi-kondisi situasi itu. Dengan berubahnya situasi, gaya yang berbeda menjadi sesuai. Yang termasuk teori ini adalah :
a.     Model Fielder
Mengemukakan bahwa kinerja kelompok yang efektif bergantung pada penyesuaian yang tepat antara gaya pemimpin dalam berinteraksi dengan bawahan dan tingkat mana situasi tertentu memberikan kendali dan pengaruh ke pemimpin tersebut dimana gaya kepemimpinan bersifat tetap.
b.     Model Situasional Hersey dan Blanchard
Model ini yang disebut teori kepemimpinan situasional memusatkan perhatian kepada pengikut. Kepemimpinan yang berhasil dapat dicapai dengan memilih gaya kepemimpinan yang tepat, yang tergantung pada tingkat kesiapan atau kedewasaan para pengikut.
c.     Teori Pertukaran Pemimpin-Anggota
Para pemimpin menciptakan kelompok dalam dan kelompok luar. Individu-individu yang terbentuk menjadi kelompok dalam dipercaya, mendapat perhatian lebih dari pemimpin dan berkemungkinan lebih besar mendapat hak istimewa. Bawahan yang berada di kelompok luar, memperoleh lebih sedikit waktu pemimpin, lebih sedikit imbalan yang diinginkan yang dikendalikan oleh pemimpin dan mendapatkan hubungan atasan bawahan yang didasarkan pada interaksi otoritas formal.
d.     Teori Jalur-Sasaran atau Tujuan
Teori yang mengatakan bahwa tugas pemimpin adalah mendampingi pengikut dalam meraih sasaran dan memberikan pengarahan dan atau dukungan yang perlu untuk menjamin sasaran selaras dengan keseluruhan kelompok atau organisasi.
e.     Model Partisipasi-Pemimpin
Teori ini memberikan serangkaian aturan untuk menentukan bentuk dan banyaknya pengambilan keputusan partisipasif dalam situasi berbeda-beda.
4.      Teori Kepemimpinan Transaksional ke Kepemimpinan Karismatik.
Kepemimpinan transaksional berfokus pada transaksi antar pribadi, antar manajer dan bawahan. Dua karakteristik yang melandasi teori ini adalah pemimpin menggunakan penghargaan kontinjensi untuk memotivasi bawahan dan pemimpin melaksanakan tindakan korektif hanya ketika para bawahan gagal mencapai tujuan kinerja. Kepemimpinan karismatik menekankan perilaku pemimpin yang simbolis, daya tarik terhadap nilai-nilai idiologis, pesan-pesan mengenai visi dan memberikan inspirasi, komunikasi nonverbal, stimulasi intelektual terhadap para pengikut oleh pemimpin, penampilan percaya diri sendiri dan atas para pengikut serta harapan pemimpin akan pengorbanan diri para pengikut dan untuk kinerja yang melampaui panggilan tugas. G. R. Terry dan L. W. Rue (2005) mengemukakan teori tentang kepemimpinan sebagai berikut :
1.     Teori Otokratis dan Pemimpin Otokratis
Teori ini didasarkan atas perintah, paksaan dan tindakan yang arbiter (sebagai wasit). Pemimpin melakukan pengawasan yang ketat agar semua pekerjaan berlangsung secara efisien. Kepemimpinannya berorientasi pada struktur organisasi dan tugas-tugas.
2.      Teori Psikologis
Teori ini menyatakan bahwa fungsi seorang pemimpin adalah memunculkan dan mengembangkan sistem motivasi terbaik untuk merangsang kesediaan bekerja dari bawahan. Guna mencapai sasaran organisatoris maupun untuk memenuhi tujuan pribadi.
3.     Teori sosiologis
Kepemimpinan dianggap sebagai usaha untuk melancarkan antar relasi dalam organisasi dan menyelesaikan setiap konflik organisatoris antara para pengikut agar tercapai kerjasama yang baik. Pemimpin menetapkan tujuan, memberi petunjuk dan menyertakan para pengikut dalam pengambilan keputusan akhir.
4.     Teori suportif
Menurut teori ini, para pengikut harus berusaha sekuat mungkin dan bekerja dengan penuh gairah sedangkan pemimpin akan membimbing dengan sebaik-baiknya melalui policy tertentu. Ada yang menamakannya dengan teori partisipatif atau teori kepemimpinan demokratis.
5.     Teori Laissez Faire 
             Pemimpin adalah ketua yang bertindak sebagai simbol, biasanya tidak memiliki ketrampilan teknis. Kedudukannya biasanya dimungkinkan oleh sistem nepotisme dan koneksi. Pemimpin menyerahkan semua tanggung jawab serta pekerjaan kepada bawahan sehingga praktis kelompok menjadi tidak terbimbing atau tidak terkontrol.
6.     Teori Kelakuan Pribadi
Kepemimpinan jenis ini akan muncul berdasarkan kualitas-kualitas pribadi atau pola-pola kelakuan para pemimpin.
7.     Teori sifat Orang-orang Besar. 
       Beberapa ciri-ciri unggul yang diharapkan dimiliki seorang pemimpin yaitu memiliki intelegensi tinggi, banyak inisiatif, energik, punya kedewasaan emosional, memiliki daya persuasif dan ketrampilan komunikatif, memiliki kepercayaan diri, peka, kreatif dan mau memberikan partisipasi sosial yang tinggi.
8.     Teori situasi
Teori ini menjelaskan bahwa harus terdapat daya lenting yang tinggi atau luwes pada pemimpin untuk menyesuaikan diri terhadap tuntutan situasi, lingkungan sekitar dan jaman. Situasi dianggap elemen yang sangat penting karena memiliki paling banyak variabel dan kemungkinan yang bisa terjadi.
9.     Teori Humanistik atau Populistik
             Fungsi kepemimpinan menurut teori ini ialah merealisir kebebasan manusia dan memenuhi segenap kebutuhan insani yang dicapai melalui interaksi pemimpin dengan rakyat, melalui kerjasama yang baik dengan memperhatikaan kepentingan masing-masing.

2.1.1      Teori Kepemimpinan Situasional Hersey dan Blanchard

Teori kepemimpinan yang paling banyak digunakan dewasa ini adalah yang berdasarkan teori situasional yang dikembangkan oleh Paul Hersey dan Ken Blanchard (1998). Bahkan teori tersebut banyak dipakai dalam program pengembangan eksekutif oleh berbagai jenis perusahaan di Amerika Serikat, mulai dari perusahaan yang menghasilkan alat berat, komputer, perminyakan dan bank. Bahkan juga oleh organisasi kemiliteran (Siagian; 2006). Teori ini juga telah digunakan sebagai perangkat utama pelatihan di lebih dari 400 perusahaan Fortune 500 dan lebih dari satu juta manajer setahun dari berbagai organisasi mendapat pelatihan dan diajari unsur-unsur dasarnya. Teori ini memperoleh pengikut kuat di kalangan spesialis pengembangan manajemen (Robbins; 2006).
Teori ini sangat menarik untuk didalami karena paling sedikit mempunyai tiga alasan yaitu penggunaanya yang luas, daya tarik secara intuitif dan karena tampaknya didukung oleh pengalaman di dunia nyata.
Teori kepemimpinan situasional (Situational Leadership Theory-SLT) berkembang berdasarkan pemikiran bahwa tidak ada satupun gaya kepemimpinan yang efektif untuk semua situasi. Kekuatan yang ada pada diri pemimpin dan yang dimiliki oleh kelompok (hubungan interpersonal di antara keduanya) serta lingkungan (orientasi tugas) akan ikut menentukan gaya kepemimpinan seseorang jika ia berhubungan dengan stafnya (Muninjaya; 2004).
Kepemimpinan situasional merupakan teori kontijensi yang memusatkan perhatian pada para pengikut. Kepemimpinan yang berhasil dicapai dengan memilih gaya kepemimpinan yang tepat untuk menghadapi situasi tertentu dan tergantung pada tingkat kesiapan (readiness) dan kedewasaan para pengikut.
SLT memiliki daya tarik intuitif. Teori ini mengakui pentingnya pengikut dan membangun berdasarkan logika bahwa pemimpin dapat mengkompensasikan kemampuan dan batas motivasi pengikut (Robbins; 2006). Kesiapan didefinisikan sebagai keinginan untuk berprestasi, kemauan untuk menerima tanggung jawab dan kemampuan yang berhubungan dengan tugas, ketrampilan dan pengalaman (Hersey & Blanchard; 1998). Sebagai murid Blanchard, Thoha (2007) mengatakan kedewasaan yang dimaksud adalah dititikberatkan kepada tanggung jawab terhadap tugas yang saat itu diemban oleh pengikut.
Dua dimensi kepemimpinan yang digunakan dakam teori ini ialah perilaku seorang pemimpin yang berkaitan dengaan tugas kepemimpinannya dan hubungan atasan bawahan (Siagian; 2003).
SLT pada hakekatnya melihat hubungan pemimpin-pengikut dengan analogi hubungan orangtua-anak. Persis seperti orang tua perlu melepaskan kendali ketika anak bertumbuh lebih matang dan bertanggungjawab, begitu juga pemimpin. Teori ini mengidentifikasikan empat perilaku pemimpin spesifik, mulai dari yang sangat direktif sampai yang sangat bebas. Perilaku yang efektif tergantung pada kemampuan dan motivasi pengikut. Maka SLT mengatakan jika para pengikut tidak mampu dan tidak ingin melaksanakan tugas, pemimpin perlu memberikan arahan yang khusus dan jelas. Jika para pengikut tidak mampu dan ingin, pemimpin perlu memaparkan orientasi tugas yang tinggi untuk mengkompensasikan kekurangmampuan para pengikut dan orientasi hubungan yang tinggi untuk membuat para pengikut menyesuaikan diri dengan keinginan pemimpin. Jika pengikut mampu dan tidak ingin maka pemimpin perlu menggunakan gaya yang mendukung dan partisipatif dan jika karyawan mampu dan ingin, para pemimpin tidak perlu berbuat banyak (Robbins; 2006).
Pengawasan yang berlebihan atau terlalu longgar, memberikan arahan yang terlalu banyak atau terlalu sedikit, berakibat negatif bagi perkembangan bawahan. Oleh sebab itu sangat penting untuk memadukan gaya kepemimpinan dengan tingkat perkembangan. Strategi memadukan inilah esensi dari Kepemimpinan Situasional Hersey dan Blanchard yang dibuat pada tahun 1968 dan model yang sudah direvisi yaitu Kepemimpinan Situasional II telah berkembang menjadi sebuah pendekatan yang efektif untuk mengendalikan dan memotivasi orang karena pendekatan ini membuka jalur komunikasi dan mendukung terjadinya kerjasama antar pemimpin dan orang-orang yang didukung oleh dan bergantung pemimpin. (Blanchard; 2007).
Perilaku suportif adalah dimana pemimpin membangun komunikasi dua arah, mendengarkan, memberikan dukungan dan mendorong keberanian, memfasilitasi interaksi dan menyertakan karyawan dalam pembuatan keputusan. (Hersey & Blanchard; 1998).
Gaya kepemimpinan merupakan pola perilaku seorang pemimpin yang ditujukan untuk mempengaruhi kegiatan kelompok atau staf. Pola ini dikelompokkan kedalam 4 gaya kepemimpinan yaitu :
1.      Directing (mengarahkan) Yaitu gaya kepemimpinan dengan ciri perilaku mengarahkan tinggi dan perilaku mendukung rendah, pemimpin memberikan instruksi yang spesifik tentang peran dan tujuan pada bawahan, pengawasan terhadap tugas dilaksanakan secara ketat, pemimpin menerangkan kepada bawahan apa yang harus dikerjakan, bagaimana, kapan dan dimana pekerjaan harus dilakukan serta komunikasi searah. Peran bawahan sangat minim. Pemecahan masalah dan pengambil keputusan dilakukan oleh pemimpin. Gaya kepemimpinan directing disebut dengan gaya S1.
2.      Coaching (melatih) Yaitu gaya kepemimpinan dengan ciri perilaku mengarahkan tinggi dan perilaku mendukung tinggi, pemimpin menjelaskan keputusan yang diambil, mau menerima pendapat, pemimpin masih banyak melakukan pengarahan dan terus-menerus melakukan pengawasan dalam penyelesaian tugas serta pemimpin mulai melakukan komunikasi dua arah. Gaya kepemimpinan coaching disebut dengan gaya S2.
3.      Suporting (mendukung) Yaitu gaya kepemimpinan dengan ciri perilaku mengarahkan rendah dan perilaku mendukung tinggi, pemimpin dan bawahan saling memberikan gagasan, bersama-sama membuat keputusan dan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas. Gaya kepemimpinan supporting disebut dengan gaya S3.
4.      Delegating (menugaskan) Yaitu gaya kepemimpinan dengan ciri perilaku mengarahkan rendah dan perilaku mendukung rendah dan pemimpin menyerahkan pembuatan keputusan dan tanggung jawab pelaksanaan kepada bawahan. Gaya kepemimpinan delegating disebut gaya S4.
Empat gaya kepemimpinan ini berhubungan dengan empat tingkat dasar perkembangan, yaitu :
1.   Pemula antusias: Kemampuan rendah tapi komitmen tinggi disebut D1.
2.   Pembelajar yang kecewa: Kemampuan rendah sampai sedang, komitmen rendah disebut D2.
3.   Pelaksanan yang mampu tapi ragu-ragu: Kemampuan sedang sampai tinggi, komitmen tidak menentukan tidak menentu disebut D3.
4.   Pencapai mandiri : Kemampuan dan komitmen tinggi disebut D4.
Gambar 2.1 Model kepemimpinan Situasional II
                  
Untuk menentukan gaya kepemimpinan yang akan dipergunakan di setiap empat tingkatan perkembangan, gambar sebuah garis vertikal dimulai dari hasil diagnosis level perkembangan ke kurve kepemimpinan melalui model empat kuadran. Sebagaimana yang diilustrasikan oleh gambar di bawah ini : gaya kepemimpinan yang sesuai pasangannya adalah kuadran dimana garis vertical bersinggungan dengan garis kurva.

Gambar 2.2 Mencocokkan Gaya Kepemimpinan dengan Tingkat  Perkembangan

Dengan menggunakan pendekatan ini (Blanchard, 2007) :
-  Pemula antusias (D1) membutuhkan gaya kepemimpinan mengarahkan (S1).
-  Pembelajar yang kecewa (D2) membutuhkan gaya kepemimpinan melatih (S2).
- Pelaksanan yang mampu tapi ragu-ragu (D3) membutuhkan gaya kepemimpinan mendukung (S3).
-  Pencapai mandiri (D4) membutuhkan gaya kepemimpinan menugaskan (S4).
Model kepemimpinan situasional juga memberi perhatian kepada fleksibilitas gaya kepemimpinan yaitu tingkat kemampuan seorang pemimpin untuk menyesuaikan gaya kepemimpinannya dalam situasi yang berbeda-beda. Motivasi, kemampuan dan pengalaman para bawahan harus terus-menerus dinilai untuk menentukan kombinasi gaya mana yang paling memadai dengan kondisi yang fleksibel dan berubah-ubah. Bila pemimpin fleksibel dalam gaya mereka, dapat dianggap pemimpin akan efektif dalam berbagai situasi kepemimpinan. Bila sebaliknya, pemimpin relatif kaku dalam gaya kepemimpinan akan bekerja efektif hanya dalam situasi yang paling cocok dengan gaya mereka atau yang dapat disesuaikan agar cocok dengan gaya mereka. Kekakuan seperti ini akan menghambat karir pribadi pemimpin dan menyebabkan tugas organisasi dalam mengisi posisi manajemen secara efektif menjadi rumit. (Stoner; 1994).
Sedangkan keefektifan gaya adalah kadar kemampuan pemimpin untuk menerapkan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan tuntutan situasi tertentu. Pemimpin dengan tingkat fleksibilitas yang rendah masih dapat efektif dalam jangka waktu yang panjang apabila tetap dalam situasi yang memungkinkan. Sebaliknya pemimpin dangan tingkat fleksibilitas yang tinggi bisa jadi tidak efektif apabila perilaku tersebut tidak sesuai dengan tuntutan situasi. Konsep keefektifan gaya menunjukan bahwa pimpinan yang efektif dapat menerapkan gaya yang tepat pada saat yang tepat.

2.1.1      Struktur Organisasi Rumah Sakit Hewan
Pengorganisasian adalah pengaturan sejumlah personil yang dimiliki suatu  rumah sakit untuk memungkinkan tercapainya suatu tujuan yang dimiliki rumah sakit untuk memungkinkan tercapainya suatu tujuan rumah sakit, dengan jalan mengalokasikan masing-masing fungsi dan tanggung jawabnya (Azwar, 2002). Struktur organisasi merupakan visualisasi kegiatan dan pelaksana kegiatan (personal) dalam suatu institusi. Berdasarkan kegiatan dan pelaksanaan tugas, fungsi dan wewenang maka organisasi dibagi atas organisasi lini, organisasi staf dan organisasi lini beserta staf. Organisasi rumah sakit dan rumah sakit hewan mempunyai bentuk yang unik dan berbeda dengan organisasi lain, (Soedarmo, 2002). 


Adapun uraian tugas dan tanggung jawab masing-masing jabatan adalah sebagai berikut:
1.     Komisaris
Sebagai pemilik perusahaan, yang memiliki modal perusahaan, sebagai penyandang dana. Menerima laporan bulanan, menerima laporan tahunan, membuat keputusan dalam perusahaan, penanggung jawab segala keputusan yang terjadi dalam perusahaan.
2.     Direktur Utama
·   Menyusun rencana program dan kegiatan pelayanan medik, penunjang medik, penunjang non medik, pendidikan, penelitian dan pelatihan, administrasi umum dan keuangan.
·    Merumuskan kebijakan pelayanan medik, penunjang medik, penunjang non medik, pendidikan, penelitian dan pelatihan, administrasi umum dan keuangan.
·  Mengkoordinasikan pelayanan medik, penunjang medik, penunjang non medik, pendidikan, penelitian dan pelatihan, administrasi umum dan keuangan.
·   Melaksanakan pengelolaan sistem informasi pelayanan medik, penunjang medik, penunjang non medik, pendidikan, penelitian dan pelatihan, administrasi umum dan keuangan.
·    Melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelayanan medik, penunjang medik, penunjang non medik, pendidikan, penelitian dan pelatihan, administrasi umum dan keuangan.
·    Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.
·  Menerima laporan dan pertnggungjawaban  dari direktur  masing-masing divisi, bertaggung jawab mengatur  dan menjalankan.
3.     Seksi Pelayanan Medis
·    Menyusun rencana program dan kegiatan pelayanan medik, pelayanan keperawatan, pelayanan penunjang medik, kegiatan pemasaran dan pengelolaan sarana pelayanan medik
·    Mengkoordinasikan perumusan kebijakan pelayanan medik, pelayanan keperawatan, pelayanan penunjang medik, kegiatan pemasaran dan pengelolaan sarana pelayanan medik.
·     Melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi pelayanan medik, pelayanan keperawatan, pelayanan penunjang medik, kegiatan pemasaran dan pengelolaan sarana pelayanan medik.
·  Melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelayanan medik, pelayanan keperawatan, pelayanan penunjang medik, kegiatan pemasaran dan pengelolaan sarana pelayanan medik.
·   Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Direktur sesuai dengan bidang tugasnya.
4.     Bagian Sekretariat
·   Menyusun rencana program dan kegiatan ketatausahaan, keuangan, perencanaan program, kegiatan pengelolaan sarana umum dan sanitasi lingkungan Rumah Sakit Hewan Jakarta.
·  Melaksanakan koordinasi dan singkronisasi kegiatan ketatausahaan, keuangan, perencanaan program, kegiatan pengelolaan sarana umum dan sanitasi lingkungan Rumah Sakit Hewan Jakarta
·    Melaksanakan sistem informasi kegiatan ketatausahaan, keuangan, perencanaan program, kegiatan pengelolaan sarana umum dan sanitasi lingkungan Rumah Sakit Hewan Jakarta.
·        Melaksanakan evaluasi dan pelaporan kegiatan ketatausahaan, keuangan, perencanaan program, kegiatan pengelolaan sarana umum dan sanitasi lingkungan Rumah Sakit Hewan Jakarta
5.     Seksi Sarana Prasarana
·      Menyusun rencana pelaksanaan
·      Merencanakan dan mengusulkan kebutuhan sarana pelayanan rumah sakit
·    Mengelola dan mengendalikan semua perbekalan kesehatan yang beredar dan digunakan di Rumah Sakit, menjamin keamanan, kemanfaatan dan mutu paling baik.
·   Mengkomunikasikan seluruh obat-obatan yang batas waktunya hampir habis kepada dokter.
·     Melaksanakan pemusnahan obat yang rusak atau kadarluwarsa sesuai dengan prosedur yang berlaku.
·      Membuat laporan tahunan pelayanan farmasi.
6.     Seksi Administrasi
·      Melaksanakan Program dan kegiatan ketatausahaan
·      Melaksanakan urusan administrasi umum dan pelayanan biaya / pembayaran.
·      Melksanakan job desk fron officer.
7.     Seksi Keuangan
·      Menyusun rencana pendapatan dan pembelanjaan.
·      Melaksanakan penatausahaan seluruh pendapatan dan pengeluaran keuangan.
·      Melaksanakan penyajian laporan keuangan secara berkala
8.     Dokter
Memberi keputusan dan melakukan praktek medis terhadap pasien
9.     Paramedis
Membantu tugas dokter dalam memeriksa pasien, memberikan obat, memantau perkembangan kondisi pasien, menulis laporan.
10. Tenaga Teknis
  Memanggil nomor antrian, membantu menangani dan mengendalikan pasien, bertanggung jawab terhadap mobilisasi pasien selama di klinik, memberi makan pasien, membersihkan kandang pasien, melakukan perawatan non medical pada pasien.

2.1.1      Manajemen Rumah Sakit Hewan
1.     Pengertian Manajemen
Dalam literatur mengenai ”manajemen”, ditemukan macam-macam batasan yang kesemuanya itu dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah suatu ilmu atau seni yang berupa proses, usaha atau kegiatan yang khas mencakup seperangkat fungsi-fungsi dan kegiatan teknis yang saling berhubungan seperti perencanaan, pengorganisasian, pengaturan staf, penggerakkan, pelaksanaan, pengarahan dan pengendalian serta pelimpahan wewenang dimana dilakukan oleh satu orang atau lebih dalam bentuk organisasi baku untuk mengatur, mengkoordinasikan dan mengintegrasikan sejumlah kegiatan atau aktivitas kerja orang lain agar diselesaikan secara efisien dan efektif guna menentukan dan mencapai hasil, tujuan atau sasaran yang telah ditentukan dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya materil lainnya secara efesien, efektif dan rasional. (Koontz; 1989, G. R. Terry; 1991, Evancevich dalam Notoatmodjo; 2003, Muninjaya; 2004, Robbins; 2006).
Dari rangkuman berbagai batasan manajemen di atas, terlihat empat elemen utama dalam manajemen :
a.     Proses : satu perangkat fungsi-fungsi dan kegiatan yang sedang berlangsung yang saling interaktif dan saling berhubungan
b.     Pencapaian sasaran dan tujuan organisasi
c.     Pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lain
Terjadi dalam satu bentuk organisasi.
2.     Fungsi-fungsi Manajemen
Perangkat utama dari fungsi-fungsi teknis dan sosial dalam proses manajemen adalah :
a. Perencanaan (Planning)
b. Pengambilan keputusan (Decision Making)
c. Pengorganisasian (Organizing)
d. Staffing
e. Pengarahan (Directing)
f. Pengawasan (Controlling)
Setiap manajer rumah sakit melaksanakan kegiatan dan fungsi-fungsi ini dengan intensitas dan fokus yang beragam tergantung dari tingkat kewenangan, lingkup tanggung jawab dan aktivitas kerja individu tersebut.
Manajer adalah individu yang ditunjuk untuk menduduki suatu posisi dengan kewenangan mengarahkan pekerjaan orang lain. Bertanggungjawab dalam pemanfaatan sumber daya dan akuntabel untuk hasil kerja yang spesifik, contoh direktur rumah sakit, direktur farmasi, pimpinan klinik, kepala laboratorium, penyelia rekam medis dan lain-lain.
Klasifikasi manajer berdasarkan strata dan hirarki :
a.     Manajemen senior (Top or Senior Management)
b.     Manajemen madya/menengah (Middle Management)
c.     Penyelia/manajemen lini depan (Supervisory or First line Management)
Klasifikasi manajer lain berdasarkan :
a.     Strata Kebijakan (Policy Level)
b.     Starta administratif atau koordinatif (Administrative or Coordinative Level)
c.     Starta operasional (Operations Level)
Faktor diferensiasi strata manajer dibedakan berdasarkan :
a.     Tingkat kewenangan (Degree of Authority)
b.     Lingkup tanggung jawab
c.     Kegiatan dalam organisasi
3.  Tugas Pokok dan Fungsi Kepemimpinan Direktur Rumah Sakit Hewan dalam Melaksanakan Manajemen Rumah Sakit Hewan
       Kegiatan Direktur Rumah Sakit :
1.     Manajemen Internal
a.     Perencanaan (Planning)
-       Menyusun organisasi secara umum dan prioritas tujuan
-       Menetapkan masalah-masalah yang menjadi pertimbangan Governing Board atau pemilik.
-       Menetapkan penambahan alat-alat diagnositik dan alat pengobatan maupun bangunan baru.
b.     Pengorganisasian (Organization)
-       Menyususn organisasi secara umum dan prioritas tujuan
-       Menetapkan bagaimana kewenangan dan tanggung jawab dibagi diantara perorangan dan departemen
-       Menetapkan pola komunikasi baku (dan pelaporan) dalam rumah sakit.
c.     Staffing
-       Menetapkan strata staf departemen
-       Menetapkan skala penggajian
-       Evaluasi, pelatihan dan pengembangan personil manajemen.
d.     Directing
Memootivasi, memberi saran dan konseling bagi personil manajemen.
e.     Controlling
-       mengembangkan dan meningkatkan system informasi
-       Meningkatkan efisiensi dan produktivitas.
-       Mengembangkan dan memperbaiki pola anggaran.
-       Memperbaiki sistem komunikasi dengan pasien.
f.      Environmental Surveillance Planning
-       Menetapkan dan menentukan prioritas untuk jenis pelayanan baru
-       Menginterpretasikan bagaimana hukum dan peraturan dapat mempengaruhi rumah sakit.
-       Menginterpretasikan bagaimana kecenderungan masalah keuangan dan pelayanan kesehatan dapat mempengaruhi rumah sakit.
2.     Hubungan Eksternal (External relation)
a.     menginfomasikan kepada masyarakat luas tentang rumah sakit hewan
b.     Berhubungan dengan tokoh masyarakat dalam masalah perumahsakitan.
c.     Mempengaruhi legislatif dan regulator.

Untuk itu dapat disimpulkan, menurut beberapa peneliti dan literatur, ada lima aspek penting dalam fungsi kepemimpian direktur rumah sakit dalam pelaksanaan manajemen rumah sakit yaitu :
1.      Aspek koordinasi
Menurut G. R. Terry (2005), koordinasi adalah penyerasian yang teratur usaha-usaha untuk menyajikan jumlah, waktu dan pengarahan pelaksanaan yang cocok menurut mestinya hingga menghasilkan tindakan harmonis dan terpadu menuju sasaran yang telah ditentukan.
Mengkoordinasikan kegiatan atau kelompok kegiatan adalah menempatkan kegiatan-kegiatan tersebut dalam hubungan yang sesuai satu dengan yang lainnya untuk memastikan bahwa semua yang perlu dikerjakan akan dikerjakan dan tidak ada dua orang yang mencoba mengerjakan pekerjaan yang sama. Koordinasi merupakan alat untuk mendistribusikan wewenang, mengadakan saluran-saluran komunikasi, penataan pekerjaan sehingga pekerjaan yang benar terlaksana (what), pada tempat (where), waktu (when) dengan cara (why) dan oleh orang (who) yanng tepat. (Mc Mahon; 1999)
Menurut J. A. Stoner (1994), koordinasi adalah proses pemaduan sasaran kegiatan dari unit-unit kerja yang terpisah untuk dapat mencapai tujuan organisasi secara efektif. Tujuan koordinasi adalah untuk memastikan adanya kesatuan gerak dalam organisasi, saling komunikasi dan membantu antar unit, menjamin kesatuan kebijakan dan untuk hal-hal yang sama dan menghindarkan kecenderungan merasa paling penting dalam organisasi. Faktor yang paling dominan dalam koordinasi adalah kerjasama dan hubungan.
Bila kegiatan telah dikoordinasikan, seluruh pekerjaan akan berlangsung dengan lancar, berjalan teratur, serasi, efisien dan berhasil. Bila tidak terkoordinasi, besar kemungkinan kegiatan akan gagal mencapai tujuan, tidak teratur, penuh pertentangan, tidak efisien dan tidak berhasil.

2.      Aspek Motivasi
Robbins (2006) mendefinisikan motivasi sebagai proses yang berperan pada intensitas, arah dan lamanya berlangsung upaya individu ke arah pencapaian sasaran. Tiga unsur penting dalam definisi ini adalah intensitas, arah dan berlangsung lama.
Intensitas terkait dengan seberapa keras seseorang berusaha. Akan tetapi intensitas yang tinggi kemungkinan tidak akan menghasilkan kinerja yang diinginkan jika upaya itu tidak disalurkan ke arah yang menguntunngkan organisasi. Oleh karena itu, kualitas upaya dan intensitas harus dipertimbangkan. Harus diusahakan upaya yang diarahkan ke sasaran dan konsisten dengan sasaran organisasi. Motivasi memiliki dimensi berlangsung lama. Ini adalah ukuran tentang berapa lama seseorang dapat mempertahankan usahanya. Individuindividu yang termotivasi tetap bertahan dengan pekerjaannya dalam waktu cukup lama untuk mencapai sasaran.
Menurut G. R. Terry (2005), motivasi menyangkut perilaku manusia dan merupakan sebuah unsur yang vital dalam manajemen. Motivasi adalah usaha untuk membuat orang menyelesaikan pekerjaannya dengan semangat karena orang itu ingin melakukannya. Adapun tugas pemimpin adalah menciptakan kondisi kerja yang akan membangkitkan dan memelihara keinginan yang bersemangat untuk melakukan.
Motivasi adalah suatu upaya untuk menimbulkan rangsangan, dorongan dan ataupun pembangkit tenaga pada seseorang dan ataupun sekelompok orang untuk mau berbuat atau bekerja sama secara optimal melaksanakan sesuatu yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pekerjaan memotivasi hanya akan berhasil jika dapat diusahakan agar tujuan organisasi yang telah ditetapkan adalah juga menjadi tujuan perorangan ataupun kelompok yang akan melaksanakan kegiatan. Selain itu perlu diusahakan agar perbuatan yang diharapkan untuk dilaksanakan sesuai dengan kemampuan yang dimilikiseseorang dan ataupun sekelompok orang (Azwar; 1996).

3.      Aspek komunikasi
Kartono (2008) mendefinisikan komunikasi sebagai kapasitas individu atau kelompok untuk menyampaikan perasaan, pikiran dan kehendak kepada individu dan kelompok lain.
Robbins (2006) mengatakan komunikasi adalah penyampaian dan pemahaman makna. Suatu gagasan, tidak peduli seberapun hebatnya, tidak berguna sebelum diteruskan ke dan dipahami oleh orang lain. Komunikasi akan sempurna bila pikiran atau ide yang disampaikan dipersepsikan sama oleh penerima dengan yang dibayangkan oleh pengirim.
Suatu kecakapan utama yang diisyaratkan bagi seorang pemimpin adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif. Bila pemimpin tidak mampu menyampaikan apa yang harus dilakukan maka bawahan tidak akan berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan benar. Sebaliknya jika bawahan tidak bisa berkomunikasi bebas dengan pemimpin maka informasi yang dibutuhkan untuk mengelola dengan berhasil akan terhalang. Untuk itu G. R. Terry (2005) mendefinisikan komunikasi adalah prasarana dimana seorang pemimpin diperlengkapkan, ia bukan suatu kegiatan yang berdiri sendiri tapi merupakan bagian utama dari hampir semua hal yang dilakukan pemimpin itu sendiri.
Kreitner (2005) mendefinisikan komunikasi sebagai pertukaran informasi antara pengirim dan penerima dan kesimpulan atau persepsi makna antara individu-individu yang terlibat.
Menurut Muninjaya (2004), komunikasi harus mengandung unsur 4C yaitu :
-       Singkat dan Padat (Concise)
-       Informasi lengkap (Complete)
-       Jelas apa yang harus dikerjakan (Clear)
-       Tujuannya jelas (Concrete)
Menurut Azwar (1996), tujuan utama dari komunikasi adalah untuk menimbulkan saling pengertian, bukan persetujuan. Jadi komunikasi adalah pertukaran pikiran atau keterangan dalam rangka menciptakan rasa saling mengerti serta saling percaya demi terwujudnya hubungan baik antara seseorang dan orang lain.
Untuk mendorong terjadinya komunikasi yang baik dan efketif, pemimpin harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
-       seluruh anggota tim harus bebas menggemukakan pendapat dan didorong untuk bertindak seperti itu
-       Mengggunakan media yang akan lebih menunjang komunikasi tetapi komunikasi langsung harus terus dikembangkan
-       Sebuah pesan baik tertulis ataupun lisan harus dinyatakan dengan jelas dalam bahasa dan ungkapan yang dapat dimengerti oleh yang menerimanya dan pemimpin harus selalu memeriksa apakah efek pengiriman pesan terjadi dengan melakukan sistem umpan balik
-       Kurangi kesimpangsiuran arus informasi dalam organisasi
-       Komunikasi harus disesuaikan dengan tingkat pendidikan dan pengalaman staf.
Adapun syarat komunikasi yang permisif adalah :
-       Dalam suasana yang ebbas tanpa tekanan-tekanan tertentu
-       Pemimpin menerima individu lain tanpa prasangka dan dengan lapang dada menghargai kelebihan dan memahami kelemahan orang lain dan bersedia mendengarkan pendapat orang lain tanpa penilaian dan mampu merasakan kehidupan orang lain.
Komunikasi menjalankan empat fungsi utama dalam organisasi yaitu :
-       Mengendalikan perilaku anggota
-       Memperkuat motivasi dengan menjelaskan pada bawahan apa yang harus dilakukan, seberapa baik bawahan bekerja dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja yang kurang baik
-       Memfasilitasi pelepasan ungkapan emosi perasaan dan pemenuhan kebutuhan sosial dan
-       Memberikan yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan melalui penyampaian data guna mengenali dan mengevaluasi pilihan-pilihan alternatif.

4.      Aspek supervise
Menurut Ilyas (2006) supervisi adalah suatu proses yang memacu anggota unit kerja untuk berkontribusi secara positif agar tujuan organisasi tercapai sedangkan Azwar (1996) menyatakan supervisi adalah melakukan pengamatan secara langsung dan berkala oleh atasan terhadap pekerjaan yang dilaksanakan oleh bawahan untuk kemudian apabila ditemukan masalah, segera diberikan petunjuk atau bantuan yang bersifat langsung guna mengatasinya.
Manfaat supervisi yaitu dapat lebih meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja. Sesungguhnya pokok dari supervisi adalah bagaimana dapat menjamin pelaksanaan berbagai kegiatan yang telah direncanakan secara benar dan tepat. Dalam arti yang lebih efektif dan efisien sedemikian rupa sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan memuaskan. Sejalan dengan tujuan utama yang ingin dicapai maka sifat supervisi harus edukatif dan suportif bukan otoriter. Supervisi harus dilakukan secara teratur dan berkala. Dengan supervisi harus terjalin kerja sama yang baik dengan bawahan dan strategi serta cara supervisipun harus sesuai dengan kebutuhan bawahan juga fleksibel dan disesuaikan dengan perkembangan.

5.      Aspek pendelegasian wewenang
Pemimpin bertanggungjawab atas pekerjaan, keberhasilan dan kegagalan timnya. Pada saat yang bersamaan, bawahan bertanggungjawab atas tugas yang dibebankan kepadanya.
Pemimpin membuat keputusan dan memiliki wewenang untuk melaksanakan keputusan tersebut. Wewenang dan tanggung jawab dapat berjalan bersama-sama tetapi keduanya tidaklah sama. Pemimpin menggunakan wewenang untuk menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung-jawabnya. Salah satu cara penggunaan wewenang adalah dengan pelimpahan wewenang. Melimpahkan atau mendelegasikan wewenang berarti memberikan kepada orang lain beberapa wewenang yang dimiliki atau dengan kata lain, memberikan kuasa kepada orang lain untuk mengambil keputusan.
Menurut Timpe (1992), wewenang merupakan otoritas atau kekuasaan legal yang merupakan hak pemimpin (menurut hukum) untuk membuat permintaan atau tuntutan tertentu.
Sedangkan menurut Kontz (1989), ada empat prinsip dalam pendelegasian wewenang yaitu :
-       Pendelegasian wewenang sesuai dengan hasil yang diharapkan dimana artinya sesuai dengan kemampuan bawahan untuk melakukan pekerjaan
-       Kemutlakan tanggung jawab tetap terletak pada atasan yang mendelegasikan wewenang karena sebenarnya tanggung jawab tidak dapat didelegasikan
-   Bawahan yang mendapatkan pembebanan tugas bertanggungjawab kepada atasan atas hasil pekerjaannya
-      Paritas wewenang dan tanggung jawab haruslah sesuai dengan tanggung jawab seseorang yang diberi tugas serta harus ada kesatuan kekuasaan.


DOWNLOAD : PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN PADA MANAGEMENT RUMAH SAKIT HEWAN

DAFTAR PUSTAKA


Ayuningtyas, D. (2005). Modul Mata Kuliah Strategic Leadership and System
Thinking. FKM UI. Jakarta.
Azwar, A, 1996. Pengantar Administrasi Kesehatan. Binarupa Aksara. Jakarta.
Blanchard, K. et al. (1985). LBA II, Leader Behaviour Analysis II, Self Perception of Leadership Style. Blanchard Training and Development. USA.
Hersey, P. Blanchard, K. (1998). Management of Organizational Behaviour Utilizing Human Resources, fifth ed. Prentice Hall International Edition USA.
Ilyas, Y. (2006). Kiat Sukses Manajemen Tim Kerja. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Kartono, K. (2008). Pemimpin dan Kepemimpinan. Raja Grafindo Persada.
Jakarta.

0 komentar:

Post a Comment